Feeds RSS
Feeds RSS

Senin, 31 Mei 2010

Cara Mencegah AIDS

Penyakit AIDS sampai saat ini belum ada obatnya, tapi AIDS dapat kita cegah. Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini di tularkan hanya melalui cairan tubuh orang yang sudah terinfeksi. Dalam pencegahan AIDS perlu kerja sama dari semua pihak terkait.
Secara umum cara pencegahan penyakit AIDS sebagai berikut :
1. Gunakan jarum suntik yang steril.
2. Jangan melakukan free seks yang akan memungkinkan tercampurnya cairan kelamin, karena juga dapat memungkinkan penularan AIDS.
3. Mengingatkan pada ibu hamil yang positif HIV, supaya keputusan untuk memberi ASI kepada bayinya dipertimbangkan, karena itu dapat beresiko penularan HIV, serta kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada dirinya sendiri dan bayinya.

Dalam hal ini peranan pemerintah juga sangat penting, adapun usaha-usaha pencegahan yang dilakukan pemerintah diantaranya :
1. Melakukan pencarian penderita dalam masyarakat dengan jalan periksa. atau biasa disebut Case Finding.
2. Menanyakan kepada si penderita kepada siapa saja dia menularkan. atau Contact Tracing.
3. Melakukan pengawasan terhadap Wanita Tuna Susila (WTS), karena sebagian besar sumber penularan dari mereka. Maka perlu diadakannya penyuluhan terhadap mereka.
4. Pemberitahuan kapada masyarakat , bahwa belum tentu penderita HIV/AIDS itu salah, dan mereka tidak mudah menularkan AIDS, karena itu mereka tidak perlu di jahui.

0 komentar: